Bahaya Membengkaknya Amandel

Bahaya Membengkaknya Amandel

Bahaya Membengkaknya Amandel

BERKAHPOKER – Amandel yang bengkak terjadi karena ada peradangan. Peradangan ini dipengaruhi oleh infeksi virus dan bakteri. Meski beberapa kasus tak membahayakan, tetapi ketika tak membaik dalam beberapa hari tetap harus diwaspadai. Ada beberapa bahaya amandel bengkak yang bisa terjadi.

Bahaya amandel bengkak ini bisa sampai sebabkan amandel bernanah, demam reumatik, infeksi saluran kemih, dan lain sebagainya. Tak hanya anak kecil, orang dewasa pun harus mewaspadai bahaya amandel bengkak ini.

Pemeriksaan ke dokter harus segera dilakukan. Terutama ketika tenggorokan sudah sangat nyeri, demam tinggi, sulit menelan, sulit bernapas, sulit menggerakkan mulut, dan leher. Berikut ulasannya:

1. Glomerulonefritis Akut
Glomerulonephritis akut merupakan peradang yang terjadi pada organ ginjal. Kondisi ini bisa terjadi ketika seseorang tak kunjung memeriksakan amandelnya ke dokter. Bahaya amandel bengkak yang satu ini bisa ganggu proses filtrasi darah.

Bakteri atau virus yang menginfeksi amandel (tonsilis) bisa masuk ke dalam aliran darah dan menyerang glomeruli. Sistem imun tubuh kemudian melakukan perlawanan dengan menghasilkan peradangan.

2. Sleep Anea
Sleep anea bisa dipicu oleh peradangan amandel. Peradangan ini lama kelamaan bisa bikin amandel bengkak. Menghindari pembengkakannya bukan tanpa alasan, bahaya amandel bengkak bisa sumbat saluran pernapasan. AGEN POKER TERPERCAYA

Penyumbatan saluran pernapasan ini bisa berujung pada kondisi sleep anea. Tepatnya ketika napas menjadi pendek bahkan berhenti secara tiba-tiba. Operasi pengangkatan amandel bisa dijadikan solusinya.

3. Kerusakan Jantung dan Saraf
Bahaya amandel bengkak tak main-main. Selain saluran kemih, kerusakan jantung dan saraf bisa terjadi. Apalagi ketika peradangan ini disebabkan oleh bakteri Corynebacterium Diphtaeria.

Bakteri penyebab difteri ini akan munculkan selaput putih (pseudomembran). Kondisi ini sama sekali tak boleh dianggap remeh.

Komplikasi serius bisa terjadi. Terutama ketika sudah merusak jantung dan saraf. Komplikasi ini bisa ancam keselamatan nyawa dan jiwa penderitanya.

4. Abses Peritonsil
Abses peritonsil merupakan bahaya amandel bengkak yang harus diwaspadai. Terutama ketika amandel bengkak tak kunjung diobati atau dioperasi.

Penyakit abses peritonsil merupakan radang amandel tingkat lanjut. Tonjolan bernanah di sekitar amandel sudah terjadi pada kondisi ini.

Seseorang yang mengalaminya bisa sampai kesulitan makan apalagi menelan. Bau mulut juga semakin menyengat bagi penderitanya.

5. Demam Reumatik
Demam reumatik termasuk bahaya amandel bengkak yang harus diwaspadai. Penderita bisa sampai mengalami peradangan di bagian katup jantung, tak hanya amandel. AGEN POKER ONLINE

Ketika sudah terlanjur mengalami demam reumatik, segera lakukan periksakan ke dokter. Tujuannya agar diberikan resep obat antibiotik guna menanggulangi infeksi bakteri. Kemudian diberikan obat antiradang guna mengatasi peradangan sendi yang terjadi.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *