Cara Mengembalikan Indra Penciuman dan Perasa Akibat Infeksi Covid-19

Cara Mengembalikan Indra Penciuman dan Perasa Akibat Infeksi Covid-19

Cara Mengembalikan Indra Penciuman dan Perasa Akibat Infeksi Covid-19

BERKAHPOKER – Kasus Covid-19 masih belum ada obatnya hingga saat ini, bahkan para dokter dan ilmuan terus meneliti untuk kemungkinan kasus mutasi baru dan membuat obat penangkalnya. Salah satu mudah untuk mendeteksi bahwa seseorang terpapar Covid-19 adalah dengan gejala hilangnya indra penciuman dan perasa.

Kasus seperti ini membuat seseorang menjadi kehilangan nafsu makan serta tak dapat mencium bebauan yang ada disekitar. Padahal ‘obat alami’ untuk seseorang dapat sembuh dari Covid-19 adalah dengan asupan beragam makanan sehat dengan gizi seimbang.

Cara mengembalikan indra penciuman dan perasa bisa dengan bahan alami yang ada di sekitar kita, seperti mencoba makanan yang memiliki rasa kuat hingga memakai minyak esensial, dan masih banyak yang lainnya.

Berikut ini ada beberapa cara mengembalikan indra penciuman dan perasa yang hilang akibat infeksi Covid-19.

1. Fokus pada Indra Lainnya
Cara mengembalikan indra perasa ini melibatkan kemampuan Anda untuk fokus saat makan. Coba maksimalkan kerja indra penglihatan, penciuman, dan pendengaran Anda. Caranya dengan mengonsumsi makanan yang memiliki tekstur, aroma, tampilan, dan menimbulkan suara saat dikunyah. Saat hendak memakannya, Anda juga bisa memperhatikan warna, tekstur, dan beragam perbedaan dari makanan yang ada di depan Anda. Jika Anda juga kehilangan indra penciuman, coba tambahkan beragam herbal dan rempah ke dalam makanan.

2. Coba Makanan yang Rasanya Kuat
Cara mengembalikan indra perasa yang hilang adalah dengan mencoba makanan dengan rasa yang kuat. Meski Anda kehilangan kemampuan untuk mengenali rasa makanan secara keseluruhan, tapi ada beberapa jenis makanan yang memiliki rasa lebih kuat dibanding makanan lain. Bereksperimen mencicipi makanan seperti ini bisa menstimulasi indra perasa Anda.

Coba konsumsi makanan asam seperti lemon, jeruk nipis, atau buah asam lainnya. Untuk makanan yang dimasak, coba tambahkan bumbu dan herbal yang rasanya kuat. Misalnya bubuk bawang putih, bubuk cabai, kayu manis, dan bahkan cuka.

3. Konsumsi Makanan yang Anda Suka
Cara mengembalikan indra perasa selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang Anda suka. Hal ini mencegah Anda kurang nutrisi karena tidak selera makan. Meski makanan tersebut kurang menyehatkan, namun selama Anda menyukainya, Anda bisa memakannya dulu. Hal ini lebih baik ketimbang Anda tidak makan sekali. Misalnya, Anda suka makanan yang asinnya kuat, maka tak masalah menambahkan lebih banyak garam ke dalam makanan Anda.

Jika Anda sudah suka satu makanan dan tak bisa makan yang lainnya, lanjutkan saja pola makan tersebut sampai indra perasa Anda berangsur-angsur pulih. Namun perlu diperhatikan, jika kondisi tak membaik dalam jangka waktu lama, Anda hanya perlu konsultasi ke dokter. AGEN POKER TERPERCAYA

4. Makan Sedikit Tapi Sering
Tips makan ini biasanya dipraktikkan mereka yang berdiet, namun ternyata juga cocok sebagai cara mengembalikan indra perasa. Makanlah sedikit-sedikit, namun sering. Apalagi jika Anda merasa mual karena harus menelan makanan yang terasa hambar. Cara ini bisa jadi salah satu solusinya.

Coba makan setiap 2-4 jam sekali. Usahakan mengasup sumber karbohidrat, protein, dan lemak sehat dalam setiap makan. Kemudian sertakan dua porsi camilan sehat setiap harinya. Pola makan sedikit tapi sering ini menurunkan risiko Anda untuk bosan akan jenis makanan tertentu. Cara ini juga memastikan Anda tetap dapat asupan nutrisi meski mulut Anda terasa tidak enak.

5. Banyak Minum Air
Cara mengembalikan indra penciuman dan perasa yang berikutnya adalah banyak minum air mineral. Minum banyak air mineral diperlukan untuk mengembalikan indra perasa. Hal ini jika sampai kekurangan air, maka mulut terasa kering. Kondisi mulut kering akan memperparah kondisi hilangnya indra perasa. Coba minum banyak air mineral di antara waktu makan. Anda juga bisa meneguk beberapa gelas air putih saat makan.

6. Pakai Larutan Air Garam
Selain dengan air rebusan bawang putih, Anda juga bisa menggunakan larutan air garam untuk memulihkan indra penciuman. Caranya dengan membiilas rongga hidung menggunakan larutan air garam. Cara ini dapat dilakukan untuk memulihkan kemampuan indra penciuman yang hilang akibat infeksi atau alergi.

7. Pakai Minyak Esensial
Cara mengembalikan indra penciuman yang berikutnya adalah dengan menggunakan minyak esensial. Minyak esensial atau minyak atsiri merupakan senyawa yang diekstrak dari bagian tumbuhan dan diperoleh melalui proses penyulingan. Minyak ini memang diyakini dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Untuk mengatasi hilangnya indra penciuman, Anda bisa melakukan latihan penciuman dengan menghirup minyak esensial selama 20-40 detik dan lakukan sebanyak 2-3 kali dalam sehari. AGEN POKER ONLINE

8. Berhenti Merokok
Terutama bagi para perokok, berhenti merokok merupakan cara mengembalikan indra penciuman yang patut dicoba. Pasalnya, kebiasaan merokok dapat mengganggu kepekaan indra penciuman.

Kontes Seo

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *