Makanan Yang Menyebabkan Gula Darah Tinggi

Makanan Yang Menyebabkan Gula Darah Tinggi

Makanan Yang Menyebabkan Gula Darah Tinggi

BERKAHPOKER –  Makanan penyebab gula darah tinggi atau diabetes harus kamu hindari. Makanan dan minuman yang dikonsumsi memang menjadi salah satu faktor utama yang memengaruhi naik dan turunnya gula darah. Oleh karena itu, konsumsi makanan harus benar-benar diperhatikan. Anjuran dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mematok gula maksimal sebanyak 50 gram atau setara dengan empat sendok makan per hari.

Jenis makanan yang sering kali ditunjuk sebagai penyebab diabetes adalah yang manis-manis. Tak salah memang, tapi ada juga jenis makanan lain yang juga bisa sebabkan diabetes jika konsumsinya tak terkendali.

Makanan penyebab gula darah tinggi harus kamu kenali agar bisa menguranginya. Menjauhi jenis makanan penyebab diabetes juga dapat menjaga stabilnya kadar gula darah. Selain itu, kamu juga bisa memaksimalkan upaya pencegahan diabetes dengan rutin berolahraga, tidak merokok, rutin mengecek gula darah, dan memeriksakan kondisi kesehatan secara rutin ke dokter. Berikut makanan yang menyebabkan gula darah tinggi.

1. Karbohidrat Tinggi
Salah satu makanan penyebab gula darah tinggi adalah jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Makanan dengan karbohidrat tinggi atau highly processed carbohydrates seperti roti tawar, pasta, makaroni, biskuit, buah kalengan, permen, dan sejenisnya dapat mencetuskan diabetes bila dikonsumsi berlebihan. Penyebabnya adalah kandungan gula yang sangat tinggi dalam makanan-makanan tersebut.

2. Lemak Jenuh
Selain dapat meningkatkan kadar kolesterol, lemak jenuh atau saturated fats juga dapat meningkatkan risiko diabetes. Makanan penyebab gula darah tinggi ini banyak terdapat dalam susu tinggi lemak, keju olahan, mentega, selai kacang, dan daging yang berlemak.

Sebagai pengganti makanan-makanan yang kurang sehat tersebut, kamu bisa mengonsumsi ikan, tahu, alpukat, dan kacang-kacangan, seperti edamame atau kacang almond. AGEN POKER TERPERCAYA

3. Daging Merah
Makanan penyebab gula darah tinggi selanjutnya adalah daging merah. Daging merah tanpa lemak memang tidak masalah, karena merupakan sumber protein hewani yang baik. Namun, daging merah yang diolah seperti daging asap dalam burger atau sosis mengandung tinggi garam dan berpotensi menyebabkan diabetes.

4. Junk Food
Junk food merupakan salah satu makanan penyebab gula darah tinggi, berkaitan dengan kandungan karbohidrat di dalamnya. Jumlah karbohidrat pada jenis junk food seperti piza misalnya, bisa setara dengan 3-4 potong roti berukuran besar.

5. Minuman Ringan (soft drink)
AGEN POKER ONLINE – Dalam satu kaleng minuman ringan terdapat sekitar 30 gram gula atau setara dengan 9 sendok teh gula. Jumlah tersebut tentu sangat tinggi. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Diabetes Association menunjukkan bahwa risiko diabetes melitus meningkat 26% pada mereka yang mengonsumsi 1–2 minuman ringan per hari.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *